Jumat, 18 Maret 2016

Mengganti monitor CRT jadi LCD pada mesin Panasonic Panasert

Walau mesin Panasonic Panasert (auto insertion machine) dan sebagian mesin SMD Panasonic seperti MV2F sudah jadul, namun rupanya disebagian negara masih menggunakannya. Saya dapat repair job dari Brazil beberapa waktu yang lalu, ingin merubah monitor CRT yang bermasalah pada mesin Panasonic MV2F jadi monitor LCD biasa agar mudah maintenance nya.
Pertama sekali kita tentu harus mempunyai equipment yang mirip dengan controller pada mesin MV2F, dalam hal ini saya telah menyiapkan :
1. Back plane Panadac 783
2. Power supply untuk controller Panadac 783.
3. MMI board sebagai Main Controller pada Panadac 783.
Back plane, MMI board dan power supply Panadac 783
Tampilan monitor CRT
Sebenarnya sudah banyak sekali video signal converter beredar dipasaran, namun kita harus memilih converter yang tepat agar bisa menampilkan informasi dari MMI board MV2F ini.
Saya pilih beberapa converter dengan kemampuan minimal bisa mengkonversi signal CGA (color grafic adapter) menjadi signal VGA (video grafic adapter). 
9 pins monitor out dari MMI board
CGA to VGA converter
 Signal CGA yang 9pin dikonversi menjadi signal VGA 15pin, ada beberapa on screen setting dari converter ini, anda harus mencobanya dengan mengatur Frequency, dan posisi Vertical serta Horizontal sampai di dapat gambar seperti di bawah ini.
Tampilan MMI instillation pada monitor LCD 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar