Jumat, 18 Maret 2016

Pro-face 2780054-03 (PL6921-T41) Tamura Reflow Oven

Saya menerima dua buah Pro-face 2780054-03 (PL6921-T41) yang digunakan untuk mesin Tamura Reflow Oven. Yang satu sama sekali blank, hanya lampu hijau pada sudut kiri bawah dari LCD monitor yang berkedip. Yang satu lagi mati total.
Langkah pertama adalah inspeksi secara fisik dan visual inspeksion, melihat kemungkinan kerusakkan secara fisik, misalnya burned parts/komponen terbakar dan lain-lain.
 Pro-face 2780054-03 (PL6921-T41)
Pro-face 2780054-03 (PL6921-T41)  power test
Selanjutnya memberikan tegangan 220V ac pada unit ini. Inspeksi dan membandingkan laporan kostumer dengan kenyataan, ternyata apa yang dilaporkan sesuai.
Untuk yang mati total kerusakan terletak pada power supply unit. Saya perbaiki beberapa parts aktif yang failed, yaitu mosfet dan beberapa kapasitor yang sudah melemah.
 AC to DC switching power supply yang rusak
Hardisk drive berisi software Windows 2000 Profesional dan software Tamura
Sedangkan kerusakan pada unit yang satu lagi, yaitu lampu berkedip, setelah diadakan inspeksi lebih jauh ditemukan kerusakan pada HDD dengan kondisi HDD terdeteksi namun failed saat booting, kerusakan lain pada motherboard itu sendiri, khususnya pada LCD I/F interface
LCD I/F
LCD I/F hanya poor connection, sebagian di re-solder dan sebagian dipanaskan kembali dengan menggunakan hot air.
Nah, kendalanya dengan software pada HDD, saya format ulang HDD dan clone software dari unit yang satunya lagi yang telah selesei diperbaiki...
Saatnya mencoba setelah unit selesei diperbaiki dan re-assembly. 
Windows 2000 Prof initialize 
 Completed run Windows, run Tamura software
Tamura  Reflow Oven Software
Tamura  Reflow Oven Software
Nah pekerjaan perbaikan telah siap, LCD control panel Pro-face 2780054-03 (PL6921-T41) untuk Tamura Reflow Oven tinggal ditest dimesin.


4 komentar:

  1. Salam pak. Boleh kasi tau lokasi mana mau diganti komponen yg rosak itu utk power supply. Terima kasih

    BalasHapus
  2. Salam Pak,
    Bisa tau AC DC power supply yang rosak itu barang apa yg diganti. Komponen apa yang ditukar?

    Terima Kasih

    BalasHapus
  3. Salam Pak,
    Untuk Switching AC DC Power Supply, boleh tak saya tau komponent apa yang di ganti? Contoh Mosfet atau E.Cap yang mana satu lokasi nya. Saya pun ada satu set yang rosak "No Power". Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf saya jarang buka blog karena sibuk dengan pekerjaan. Saat ini saya sedang tidak memperbaiki Proface jadi tidak dapat memberitahu langsung. Coba bapak ganti elco2 dengan nilai kecil. Elco2 ini biasanya untuk DC filter IC PWM circuit. Bila masih belum bisa, cek mosfet transistor, kalau short/rusak, ganti, jangan lupa ganti elco yang besar karena mosfet rusak/short saat start up tapi elco kosong.

      Hapus