Sabtu, 05 Maret 2016

Repair of Fanuc Servo Amplifier Module A06B-6079-H206

Yap.. kali ini kita akan coba memperbaiki Fanuc Servo Amplifier Module A06B-6079-H206, problemnya tidak sulit-sulit amat, komunikasi error sama display 7 segmentnya mati.


Fanuc Servo Amplifier Module A06B-6079-H206
Langsung saja kita buka cover plastic yang warna kuning itu sampai tampak bagian dalamnya. Terdiri dari dua bagian pokok yaitu ; logic controller board dan power board.
Bagian dalam setelah dibuka cover plastiknya
Selanjutnya kita hanya konsentrasi di logic controller boardnya saja dengan board marking seperti gambar di bawah ini 
Logic controller board
Perhatikan pada bagian paling kiri dari board ini, rangkaian ini adalah mini SMPS yang akan menurunkan tegangan 24Vdc menjadi 5Vdc. Rangkaian sangat simple tapi sering rusak karena kebocoran dari elco (electrolytic capacitor). Ganti parts yang rusak termasuk elco.
Apabila semua parts yang rusak sudah diganti, pasang kembali dua buah board yang terpisah tadi dan umpankan tegangan 24Vdc seperti gambar dibawah ini.
24Vdc input
Tanda " - " menunjukkan stand by tanpa error
Bila tanda " - " sudah muncul pada 7 segment berarti pekerjaan kita sudah selesei untuk jenis kerusakan seperti yang telah disebutkan diawal tadi.

3 komentar:

  1. Assalmualaikum.pak kalu alrm8.problm nya sama pak.pd elco

    BalasHapus
  2. Assalmualaikum.pak kalu alrm8.problm nya sama pak.pd elco

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa alaikum salam. Maaf baru buka blog, sibuk sama pekerjaan. Alarm 8 saya belum cek error nya disebabkan apa. Namun petunjuk repair di atas disebabkan elko yang bocor dan merusak rangkaian disekitarnya. Bisa saja timbul alarm lain karena cairan elko ini bersifat konduktif. Misalnya timbul alarm 8

      Hapus